Menulis Untuk Berbagi

Selamat datang Young Writer...
Apa nih kiat kalian menulis?
Sudah pernah menulis untuk berbagi :)

Tahukah kalau kalian kalau setiap tindakan perlu di niatkan?
Termasuk juga menulis :)

Yuk, simak!! Menulis untuk berbagi itu seperti apa sih...

 

Menulis untuk berbagi

Menulis untuk berbagi, Kok bisa?. Jika kita bertanya-tanya, kok bisa nulis buat berbagi?. Jawabannya adalah,Tentu saja bisa!!.Pada awalnya, hal ini memang terlihat sepele dan sedikit mustahil. Maklum saja, menulis terkadang hanya dipandang sebagai hobi yang notabene hanya bisa dinikmati sendiri. Contohnya adalah aku sendiri. Dalam keseharian, aku hanya menulis untuk mengisi waktu luang.

Dengan menulis, nyatanya kita bisa berbagi dengan sesama. Prinsipnya sangat sederhana. Tulislah hal yang baik dan memberi dampak positif. Mulai dari pengalaman, hal-hal disekitar, sosial eksperimen, cerita fiksi ,pengetahuan dan banyak lagi. Bungkuslah tulisan tersebut dengan hal yang menarik, sehingga para pembaca bisa ikut terbawa dalam tulisanmu. Ingat, bahwa sebaik-baik manusia, adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi, kalau kamu merasa tak punya harta, tak punya kuasa, atau kekuatan?. Gampang, menulis saja, dan sebarkan manfaat bagi sesama.

Banyak sekali penulis yang sudah menerapkan prinsip ini. Sebagai contoh sederhana, adalah para penulis yang mengabdikan dirinya demi majunya gerakan literasi. Umumnya mereka menciptakan platform gratis agar masyarakat luas mau bergabung didalamnya. Terkini, bukan hanya melalui dunia nyata seperti perpustakaan keliling atau bakti sosial saja. Jangkauan dunia Maya yang semakin luaspun kian dinikmati. Dibentuknya grup chating Facebook, WhatsApp, Line, Instagram, dan media sosial lain juga memiliki dampak dan manfaat besar dalam mewujudkan kiat, menulis untuk berbagi.

Bukan hanya itu, para penulis senior pun juga mengajak para penulis pemula untuk melakukan proyek menulis donasi.
Sistemnya adalah, dengan melakukan antologi bersama. Dengan terjunnya penulis senior yang lebih dikenal masyarakat, otomatis karya yang dibuat dan dibukukan akan lebih laku terjual dipasaran. Dalam proyek ini para penulis tidak akan mengambil laba sedikitpun. Semua hasil penjualan akan di donasikan. Contohnya adalah menulis untuk membantu korban bencana di Palu dan Donggala, serta menulis untuk korban kanker pada hari kanker internasional kemarin.

Nah, kalau kamu bagaimana??
Sudahkah berniat "menulis untuk berbagi?."
Yuk, mulai sekarang tingkatkan dan tekadkan.


Secara rutin materi tentang kepenulisan akan di publikasikan secara gratis buat kamu loo :D

Yuk terus simak :)
→kritik, saran, atau request materi??
Tinggal komen :)
→ Jangan lupa share agar semuanya dapat manfaat. 

Salam literasi !!

Komentar

  1. Kak bantu aku agar tulisanku dapat menarik dan tidak membosankan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik akak selalu simak ya😊
      Semangat😄

      Hapus
  2. Kak aku mohon bimbinganya untuk belajar menulis kak

    BalasHapus
  3. Semangat selalu ya kak dalam menulis. IntinyI jangan pernah bosan😄

    BalasHapus

Posting Komentar