Tips #1 Cara meningkatkan Skill Menulis

Hallo Young Writer :)
Sudahkah menulis atau membaca di hari ini?.
Yuk simak sedikit tips agar skill menulis kamu makin terasah.




1. Menulis ketika kamu ingin menulis. Untuk menyiasatinya, bawa buku catatan kecil ke mana pun pergi untuk mencatat ide yang mungkin muncul sewaktu-waktu.
2. Menulis ketika kamu tak ingin menulis. Saat mood menurun, mungkin menulis akan menjadi hal yang sangat berat dilakukan. Jangan biarkan mood semacam ini merusak niat agungmu untuk menyelesaikan tulisan. Atur napas, bulatkan tekad, lalu tulis! Mungkin hasilnya tak memuaskan. Tak apa, kamu bisa merevisinya di lain waktu.
3. Menulis ketika kamu tidak tahu harus menulis apa. Tulis saja kegalauanmu, unek-unekmu, keluh-kesahmu tentang mengapa kamu tak bisa cepat menyelesaikan tulisanmu. Atau, tulis saja daftar kegiatan, kekesalanmu pada teman, sampai cerita mengenai film favoritmu.
4. Membaca ketika kamu merasa stuck dengan tulisanmu. Apa istilah kerennya? Writer's block? Yap. Membaca bisa kembali mengembalikan semangat dan tekadmu.
5. Buka sosmed dan lihat curhatan tidak penting teman-temanmu. Bisa jadi kamu dapat inspirasi tulisan dari sana.
6. Luangkan waktu untuk membaca setiap harinya.
7. Baca apa saja setiap kamu ada waktu luang. Nama toko di sepanjang jalan menuju sekolah, nama produk, sampai iklan di spanduk-spanduk pinggir jalan.
8. Baca berita! Penulis yang baik tidak boleh kudet.
9. Open mind. Pikiran itu seperti parasut yang hanya bisa berfungsi jika terbuka.
10. Jika sempat, luangkan nonton film/drama setiap harinya.
11. Kenali orang-orang hebat yang pernah mengukir sejarah. Penulis terkenal, penemu terkenal, atau bahkan amati orang-orang yang dapat memotivasimu menjadi lebih baik.
12.  Membaca novel atau cerita yang lintas arah denganmu. Kalau kamu suka tulisan genre romance, tidak ada salahnya sesekali membaca genre horor, komedi, atau fantasi.
13. Jangan stuck di satu genre dan tak acuh dengan genre lain. Semakin kaya pengetahuanmu, semakin bermakna tulisanmu. Jika ingin jadi penulis sekelas Tere Liye dan Asma Nadia yang seakan tahu segala hal, selami semua genre tulisan. Dijamin, tulisanmu akan jadi semakin hidup.
14. Belajar olah rasa agar tulisanmu lebih berjiwa.
15. Kebanyakan orang yang sulit memulai tulisan adalah orang-orang yang otak kirinya cenderung lebih aktif. So? Ayo gunakan otak kanan! Setiap hari katakan, "Saya akan menulis hari ini!", kemudian singkirkan berbagai perasaan ragu yang ada dalih-dalih alasan yang diciptakan otak kiri. Jangan berpikir apa-apa. Duduk di depan layar lalu tulis! Pegang pulpen dan selembar kertas, lalu tulis!
16. Buat kamu yang mau nulis novel atau karya yang panjang, sebaiknya buat outline. Ini akan memudahkanmu jika kamu memiliki waktu terbatas setiap harinya dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan satu karya. Tujuannya agar kamu tak lupa dengan ide awal dan agar kamu juga bisa mengembangkan ide itu tanpa kehilangan poin-poin penting.


Tetap semangat dalam menulis Young Writer :)
Nantikan tips dan materi lainnya....

Komentar